Share |

Google Tingkatkan Kewaspadaan Publik akan Serangan Internet


SAN FRANSISCO - Serangan yang menimpa Google rupanya meningkatkan kewaspadaan para pengguna internet untuk lebih berhati-hati beraksi di dunia maya.

Hal ini dikemukakan oleh ahli keamanan Google Neel Mehta. Dalam blognya, Mehta menyebutkan serangan ini bukanlah segala hal tentang Google. Mehta telah mengumpulkan berbagai informasi mengenai serangan lain yang pernah terjadi.

Dia kemudian mencontohkan, serangan yang menyasar warga Vietnam yang menggunakan virus untuk menginfeksi puluhan ribu komputer di seluruh dunia. Saat ditelusuri, serangan tersebut berasal dari driver komputer berbahasa Vietnam.

Seperti dilansir PC World, Kamis (1/4/2010), Mehta menyebutkan, meski virus itu sendiri tidak merusak, namun nyatanya digunakan untuk tujuan negatif. Infeksi tersebut digunakan untuk memata-matai pengguna, sama seperti serangan yang dilakukan hacker China terhadap Google.

"Komputer yang sudah terinfeksi digunakan untuk memata-matai pemilik mereka dan juga menyebarkan serangan DoS melawan blog berisi pesan ketidakpuasan politis," ungkap Mehta.

Sementara itu, CEO McAfee George Kurtz memberikan tanggapan soal ini. Menurutnya, insiden ini menggarisbawahi bahwa tidak setiap serangan dimotivasi oleh pencurian data atau sejumlah uang.

"Ini adalah contoh terbaru yang dinamakan 'hacktivisme' yang cenderung dimotivasi oleh kepentingan politik, yang saat ini tengah booming," tandasnya. (rah)


0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

infolink

My Headlines

Tukar Link

KITA COMMUNITY

Followers

Fartner