Share |

Rokok Buat Orang Jadi Bodoh


LONDON - Sejak dulu, rokok diketahui menyebabkan penyakit serangan jantung dan kerusakan paru-paru. Hasil riset terbaru menyebutkan, kebiasaan merokok secara terus menerus akan membuat Anda bodoh.

Dalam studi yang dilakukan terhadap 20.000 remaja perokok, ditemukan bahwa mereka yang rutin merokok setiap hari mengalami penurunan tingkat kecerdasan dibandingkan mereka yang tidak merokok. Studi tersebut juga menyimpulkan, semakin sering seseorang merokok, semakin rendah IQ atau tingkat kecerdasan mereka.

Daily Mail, Senin (29/3/2010) melansir, mereka yang menghisap satu bungkus rokok atau lebih setiap hari, memiliki IQ tujuh setengah poin lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak merokok. Perokok berusia 18 hingga 21 tahun memiliki IQ rata-rata 94. Sedangkan mereka yang tidak merokok rata-rata ber-IQ 101.Studi ini juga menyebutkan, mereka yang menghisap lebih dari satu bungkus rokok per hari memiliki rata-rata IQ 90.

Dr Mark Weiser yang memimpin studi ini menyebutkan, dia dan timnya belum menemukan alasan yang jelas bahwa rokok menyebabkan penurunan tingkat kecerdasan. "Memang masih diperlukan studi lebih lanjut untuk benar-benar membuktikan keabsahannya," kata Weiser.

"Namun disini sangat jelas bahwa orang-orang ber-IQ rendah rata-rata memilih untuk merokok. Ini bukan saja terkait dengan status sosial ekonomi, tetapi bisa juga karena tingkat pendidikan mereka mempengaruhi keputusan mereka untuk merokok," terangnya.

Dia juga menduga, hasil kesimpulan ini mengonfirmasikan penelitian sebelumnya, bahwa mereka yang memiliki tingkat kecerdasan lebih rendah cenderung membuat keputusan yang tidak 'pintar' terkait dengan kesehatan mereka. (okezone)


0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Headlines

Tukar Link

KITA COMMUNITY

Followers

Fartner