Share |

Ganti Password sesering mungkin

Google: Ganti Password Email 2 Kali Setahun

Logo Google

CALIFORNIA - Email merupakan layanan yang paling rawan diterobos oleh 'tamu tak diundang'. Untuk itulah Google menyarankan kepada pengguna email untuk selalu mengubah password dua kali dalam setahun.

Sebagian besar pengguna internet sekarang memang harus meningkat kewaspadaannya terhadap pesan spam karena penipu semakin berfokus pada layanan web populer seperti Gmail, Facebook, Yahoo, dan Hotmail.

Mereka akan masuk ke akun email dan kemudian mengirim pesan ke korban melalui kontak, sambil berharap bahwa spam akan lebih efektif karena berasal dari seorang teman.

"Orang-orang jauh lebih mungkin untuk menanggapi pesan dari seseorang yang mereka kenal," kata Andrew Brandt, peneliti ancaman inytenet dari Webroot, seperti dilansir PC Advisor, Senin (18/10/2010).

Spam bisa menyertakan link ke situs farmasi penipuan, halaman phishing palsu, atau permintaan untuk uang. Dalam salah satu penipuan yang telah berjalan selama lebih dari setahun saat ini, penjahat cyber berpura-pura bahwa dia terjebak di negara asing dan meminta teman-teman dari korban untuk membantu dana.

Korban biasanya tidak tahu bagaimana akun mereka dirusak, namun menurut Google ada beberapa cara ini bisa terjadi. Username dan password sering dicuri dalam serangan phishing, atau melalui perangkat lunak berbahaya yang mencatat mereka informasi pribadi mereka.

Kadang-kadang para penjahat hack ke situs web yang terkait dengan account Google.

"Jika situs yang Anda hack dan sign-in informasi ditemukan, pembajak memiliki akses mudah ke Google Account," tulis Priya Nayak, salah satu pejabat Google.

Dan kadang-kadang orang-orang jahat hanya menebak dengan benar. "Anda menggunakan password yang mudah ditebak, seperti nama pertama atau terakhir ditambah tanggal lahir Anda ('Laura1968'), atau anda menyediakan jawaban untuk pertanyaan rahasia yang umum dan mudah ditebak, seperti Pizza, pada makanan favorit," tandasnya.


source : Okezone

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

infolink

My Headlines

Tukar Link

KITA COMMUNITY

Followers

Fartner