Share |

Cara Kerja Hacker Yang Telah Menyusup ke Akun Mark Zuckerberg (Founder Facebook)

Bagaimana Hacker Menyusup ke Akun Mark Zuckerberg?


CEO dan Founder Facebook, Mark Zuckerberg (foto: Yahoo News)

SAN FRANSISCO - Menyusupnya hacker ke akun Facebook Mark Zuckerberg sangat membuat malu jejaring sosial itu. Bahkan ahli keamanan pun sampai tidak percaya.

"Kok bisa orang 'secanggih' Mark Zuckerberg, pendiri Facebook dengan anggota hampir 600 juta orang di dunia, sangat teledor sehingga bisa menjadi bulan-bulanan hacker?" demikian pertanyaan pengguna internet di dunia saat mengetahui akun Zuckerberg berhasil disusupi hacker.

Menurut perusahaan riset Sophos, hacker tidak hanya menargetkan orang biasa atau ternama. Bahkan aktivis IT pun dapat menjadi korban hacker, termasuk pendiri Facebook Mark Zuckerberg.

"Saya mencurigai, setidaknya ada dua cara yang membuat Zuckerberg kebobolan. Seperti orang pada umumnya, kemungkinan Zuckerberg ceroboh menggunakan password yang sangat mudah ditebak," ujar Graham Cluley, analis Sophos, seperti dikutip melalui Telegraph, Kamis (27/1/2011).

Namun untuk pola pertama, Cluley beranggap hal itu sangat kecil kemungkinannya. Yang paling mungkin, lanjut Cluley, kemungkinan besar Zuckerberg menjadi target hacker dengan menggunakan jebakan Firesheep saat menggunakan jaringan nirkabel wifi yang tidak terenkripsi di tempat umum, seperti kafe, hotel, bandara atau lokasi lainnya.

Menurut Cluley, Firesheep dapat disusupi melalui jaringan wifi dan memungkinkan hacker mendapatkan password di akun yang terproteksi hanya dengan menggunakan jaringan tak terenkripsi yang sama.

"Memang sulit mengetahui mengapa dan bagaimana fan page Zuckerberg bisa di-hack. Mungkin juga dia menggunakan laptop yang sudah berisi malware sehingga username dan password-nya dapat diambil oleh hacker sehingga informasi itu bisa digunakan untuk menyerang fan page-nya. Tapi saya pikir dua pola yang pertama sangat mungkin terjadi," ujar Cluley.

Cluley melanjutkan bahwa kejadian ini akan sangat membuat Facebook malu. Dengan aksi penyusupan ini sama saja memberitahukan kepada para pemilik akun Facebook yang lain jika jejaring sosial itu sangat lemah dan tidak aman.

Dalam fan page-nya sendiri, Zuckerberg telah memiliki sekira dua juta penggemar yang secara regular selalu di-update.

Ahli keamanan jaringan itu pun meminta pengguna Facebook agar membuat password yang sulit ditebak, dan bukan kata yang berasal dari kamus. Bahkan mereka juga disarankan untuk mendownload plug-in browser yang akan secara otomatis meminta jaringan wifi untuk terenkripsi sehingga pengguna aman saat mengakses situs yang diproteksi password, seperti Facebook. (srn)


Source : Okezone

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

infolink

My Headlines

Tukar Link

KITA COMMUNITY

Followers

Fartner